Transformer 2 : Revenge of The Fallen

Walaupun gagal pertamax akhirnya kemarin (Kamis, 25 Juni 2009) jadi juga nonton Transformer 2 (jadinya keduax :D ). Hari pertama transformer tayang di jogja (Rabu, 24 Juni 2009), ga dapet tiket gara-gara telat ngantri karena pas antri jam 12 (jam buka empire) ternyata udah penuh. Kemarin akhirnya lebih diniatkan lagi ngantrinya sampai menurunkan ‘agen ngantri’. Ok, singkat cerita tiketnya dapet :D

Film dimulai dengan cerita bahwa dahulu kala para robot tersebut ternyata pernah datang ke bumi. Film berlanjut ke adegan perburuan decepticon oleh pasangan gabungan manusia dan autobot yang dinamakan NEST. Pada bagian ini banyak ditampilkan adegan-adegan berkelahi para robot di jalan raya. Selain itu pula disinilah nama The Fallen disebut. The Fallen adalah salah seorang prime (semacam kepala suku) yang membelot.

Kemudian secara tidak sengaja Sam memegang pecahan kecil dari All Spark yang terselip di jaket Sam. Dari situlah petualangan dimulai, pecahan itu jatuh dan menembus lantai dan jatuh tepat di dapur. Seketika juga seluruh peralatan elektronik berubah jadi robot. Tapi sekali lagi jagoan terselamatkan oleh bumblebee. Namun ada satu robot yang berhasil lolos. Karena tidak sengaja memegang pecahan All Spark tersebut Sam jadi melihat karakter-karakter aneh dan dia berusaha untuk mencari arti dari karakter-karakter aneh tersebut.

Dalam pencariannya, Sam dan Mikaela dibantu oleh Leo, teman Sam yang mengelola situs berisi tentang Alien Conspiracy Theory. Ia akhirnya menyarankan untuk bertemu pengelola situs pesaingnya (robowarior) yang ternyata adalah mantan kepala Sector 7. Pencarian juga dibantu oleh robot kecil yang berhasil lolos dari dapur Sam yang ditangkap oleh Mikaela. Robot tersebut menunjukkan sesepuh cybertron yang bernama Jetfire yang mempunyai samaran sebuah pesawat blackbird. Lucunya Jetfire ini digambarkan benar-benar seperti sesepuh karena setelah dihidupkan kembali menggunakan potongan All Spark, Jetfire tampak memegang sebuah tongkat yang melambangkan ke-sesepuh-annya :rofl:

Dari situ Jetfire menceritakan bahwa pada jaman dahulu kala para prime menjelajah seluruh planet untuk mencari energi baru (energon) dengan menghisap energi matahari dari planet tersebut. Tapi mereka punya semacam perjanjian bahwa tidak akan mengambil energi matahari dari planet yang mempunyai kehidupan. The Fallen (salah satu prime tersebut) tidak perduli dengan perjanjian tersebut dan ingin menghisap energi dari mataharinya bumi. Untuk menghidupkan mesin tersebut dibutuhkan kunci yang dinamakan matrix of leadership. Agar tidak digunakan oleh The Fallen maka para prime yang tersisa melindungi kunci tersebut dengan tubuh mereka.

Dari cerita tersebut Sam berusaha menghidupkan kembali Optimus yang mati ketika menyalamatkan Sam dari Megatron. Ya, Optimus memang mati dan pada saat mati mudah ditebak bahwa pada akhirnya optimus pasti hidup lagi :D

Setelah itu optimus hidup lagi karena matrix of leadership yang ditancapkan oleh Sam. Tetapi kunci tersebut direbot oleh Fallen. Karena masih loyo dan kurang tenaga, Jetfire akhirnya rela memberikan spare part dan hidupnya agar optimus bisa hidup lagi dan melawan Fallen. Karena yang bisa mengalahkan Fallen adalah seorang prime yang mana adalah optimus prime. Disini spare part dari jetfire di transplantasi ke optimus. Nah, pas adegan ini malah mengingatkan saya pada film sejenis power rangers yang zord-nya pada bergabung :) )

Anehnya adegan pertempuran antara Optimus dengan Fallen dan Megatron kok ngalahinnya cepet banget, tau-tau udah selesai dan The Fallen udah mati. Dan selesai sudah film yang berdurasi hampir 3 jam ini. Ceritanya puanjang kok selesainya cepet :D . Secara keseluruhan Transformer 2 memang menyuguhkan efek-efek dan 3D yang mengagumkan dan lebih detail. Selain itu banyak juga menampilkan adegan pertempuran robot-robot. Tidak hanya adegan-adegan pertempuran saja, banyak juga ditampilkan adegan-adegan humor. Tetapi dari adegan-adegan pertempuran tersebut sering diselipkan humor-humor yang berasa fungsinya cuma menambah panjang adegan. Karena cerita dari Transformer 2 ini merupakan lanjutan dari Transformer pertama, jadi kebanyakan tokoh dan tempat pertempuran masih berhubungan dengan Transformer 1. Seperti misalnya pengelola robowarior yang merupakan kepala Sector 7 dan juga tempat Optimus akan dihidupkan kembali adalah tempat yang sama di Transformer 1 saat kemunculan robot kalajengking. Jadi ada baiknya tonton lagi Transformer 1 sebelum nonton Transformer 2 :D

Tidak hanya itu saja, di Transformer 2 juga ditampilkan tokoh-tokoh baru seperti si kembar Skid dan Mudflap yang mirip dengan sid. Si kembar ini kebanyakan hanya dijadikan sebagai bahan humor sepanjang film. Humor-humor robot yang ditampilkan antara lain saat bumblebee menangis saat ditinggal Sam kuliah. Disini benar-benar ditampilkan seperti karakter film kartun yang lagi menangis dengan air mata yang sangat deras :rofl:

Anyway, salut untuk Transformer 2. Beruntung bisa menonton di hari keduax dan gratis pula :D

nb : gambar diambil dari sini

& Komentar

  • At 2009.07.06 17:08, Astonix said:

    Loh.. kmu ntnnya waktu aku mudik ke rumah itu yah :D .. curang yud, hrusnya kan barengan …
    Aku aja jd ntnnya pas balik ke jakarta kok..heheh…

    Kyknya masih ada transformer 3 tuh… coz ada anggota the Fallen yg masih hidupkan….

    • At 2009.07.07 13:36, Yuda said:

      itu aja ga tau klo transformer 2 langsung tayang di jogja

      • At 2009.07.15 00:35, atmo said:

        transformer 2, menanti dengan harapan besar,
        jatuh pada kecewa dan ngantuk berat.
        salam.

        • At 2009.08.20 12:47, miharjo said:

          boz, link filmnya mana?
          ada g’?

        (Required)
        (Required, will not be published)