Berawal dari melihat postingannya Mr. Awal, membuat saya sedikit bergairah untuk membangkitkan lagi memori tentang coding menggunakan python. Udah setahun ga coding python pasti blepetan dimana-mana :lol:

Ok, yang mau dibuat adalah sebuah translator atau bisa dibilang pengalih-bahasa yang jalan di shell. Bumbu yang akan dipakai sesuai dengan yang disini adalah google translate API, python-simplejson, dan sedikit kode python pastinya.

Pertama-tama siapkan dulu google translate API agar bisa diimport oleh python. Caranya adalah lakukan checkout google translate API dari repo svnnya.

svn checkout http://python-googlelanguage.googlecode.com/svn/trunk/

Setelah itu masuk ke direktori trunk dan akan telihat sebuah direktori googlelanguage. Salin direktori tersebut ke /usr/lib/python2.x/site-packages/ dan sesuaikan python 2.x dengan versi python yang dipakai.

Setelah google translate API siap maka dilanjutkan dengan instalasi python-simplejson. Silahkan lakukan instalasi dengan cara favorit anda (apt, yum ,zypper, pkg-get, atau bahkan compile). Lalu setelah 2 bahan tersebut siap, kita cicipi dahulu supaya bisa lanjut ke langkah berikutnya.

yuda@blackbox:~$ python
Python 2.5.2 (r252:60911, Sep 29 2008, 21:15:13)
[GCC 4.3.2] on linux2
Type “help”, “copyright”, “credits” or “license” for more information.
>>> import googlelanguage
>>> help (googlelanguage)

Jika keluar

Help on package googlelanguage:

NAME
googlelanguage

maka itu artinya bahan dasarnya sudah siap, tinggal lanjut ke bahan selanjutnya dan yang membuat semua bisa dinikmati :)

Silahkan buka teks editor kesayangan anda, kemudian tuliskan kode2 ini kedalamnya

#!/usr/bin/python

import googlelanguage
import sys

if len(sys.argv) == 1:
       print "Pemakaian: %s \"asal \" \"tujuan\" \"kata\"" % sys.argv[0])
       exit(1)

print googlelanguage.translate(
        sentence=sys.argv[3],
        from_lang=sys.argv[1],
        to_lang=sys.argv[2]
        )

Karena ini adalah kode python harap diperhatikan indentasinya jangan sampai melenceng. Setelah selesai simpan dengan nama yang anda sukai. Kebetulan disini saya menggunakan nama file translate (tanpa ekstensi file) dan file tersebut saya simpan di /bin :D

Oke semua sudah siap, sekarang tinggal mencicipinya. Sebagai contoh translate en id nerd akan mengeluarkan tulisan biasa. O ya, lebih nikmat lagi en dan id di contoh tadi bisa diganti sesuai keinginan anda. Daftar bahasa yang didukung dan kodenya bisa anda lihat di /usr/lib/python2.x/site-packages/googlelanguage/__init__.py atau mengikuti standar ISO.

Catatan tambahan :

  • Format pemakaiannya adalah nama_file bahasa_asal bahasa_tujuan kata_yang_ingin_diterjemahkan
  • Karena menggunakan google translate API maka ketersediaan koneksi internet adalah hal wajib :D

1 Komentar

  • At 2010.01.19 18:59, henk's said:

    pertamax… he..he..

    (Required)
    (Required, will not be published)