Sebetulnya ini posting yang sudah tertunda lama karena kejadiannya tanggal 27 Desember lalu. Tujuan perjalanannya dari Jogja menuju Cepu yang bisa ditempuh dengan 4 jam saja ternyata saya tempuh selama 14 jam *hadoh*

Rute yang biasa ditempuh jikalau ingin menuju ke cepu dari jogja adalah melalui ngawi tetapi saya memilih melalui semarang – rembang – blora – cepu. Ide awal menempuh rute ini adalah dari rekan saya, maunya sih berangkat pagi bertiga dari Jogja menuju Semarang (tepatnya stasiun semarang poncol/tawang) kemudian dilanjutkan dengan menggunakan feeder cepu yang berangkat dari semarang pukul 08.50. Tetapi ternyata semuanya bubar dan malah menjadi the longest trip yang kedua buat saya.

Semua rencana tersebut bubar karena pertama si empunya ide ternyata telat bangun, akhirnya tetap kekeuh menggunakan rute jogja – semarang – (feeder) cepu. Ketika akan berangkat sebetulnya saya sudah rada ketar-ketir kalau-kalau ternyata bisnya suka ngetem soalnya jam sudah menunjukan pukul 05.30. Berangkat dari terminal giwangan ternyata si bis ini rada ngebut bahkan beberapa lampu merah sempat ditrabas. Setelah di jombor pun ternyata hanya berhenti sebentar, melihat “sifat”nya yang ga lama berhenti saya berharap bisa tepat waktu sampai Semarang. Akhirnya saya tinggal tidur meneruskan jam tidur yang terpotong. pas bangun kok ternyata masih di daerah ambarawa, dan pas lihat jam juga ternyata sudah mendekati jam 8 (feeder cepu berangkat jam 08.50). Lah kok ternyata jadi lambat ?? Setelah tanya sama rekan saya ternyata ketika di terminal muntilan sempat ngetem sekitar 15 menit dan di terminal magelang ngetem lagi sekitar lebih dari 30 menit. Bagus!!! Setelah kontak dengan rekan yang berada di stasiun poncol yang rencananya akan berangkat bareng menggunakan feeder cepu diputuskan bahwa kami ga jadi pakai feeder cepu karena ketika kereta akan berangkat saja saya masih di banyumanik *hadoh* . Ya mau ga mau perjalanan harus dilanjut dengan bis.

Setelah sampai di terminal semarang kami istirahat sebentar mengisi perut dan bertanya kepada rekan lain melalui jalur mana sebaiknya kami ambil. Disarankan agar mengambil jalur semarang – rembang – blora – cepu. Setelah selesai mengisi perut akhirnya menuju ke pemberangkatan bis menuju rembang, dan tanpa disangka-sangka ternyata saya kena sekem calo :doh:. Biaya yang harus saya keluarkan gara-gara kena sekem calo untuk perjalanan menjadi 3 orang padahal yang pergi cuma 2 orang. Untungnya bis tersebut patas jadi kami kira perjalanan ga akan terlalu lama akibat ngetem. Eh ternyata memang benar ga banyak ngetem tapi malah kena macet #-o .

Keluar dari semarang ternyata kena macet akibat perbaikan jalan. Jalan 4 lajur akhirnya hanya bisa dipakai 2 lajur saja, itupun akhirnya harus selang-seling. 2 lajur kanan kemudian 2 lajur kiri. Ampun deh. Ketika perjalanan ke rembang kekecewaan sedikit terobati karena tidak sengaja malah menjadi treking eks. jalur SJS. Banyak menemukan artifak sepur sepanjang perjalanan. Setelah sampai di rembang (tepatnya depan terminal rembang) istirahat dulu dibarengi dengan sholat ashar di masjid di seberang terminal. Setelah selesai beristirahat, perjalanan dilanjutkan dengan menunggu kendaraan umum menuju cepu di terminal rembang. Setelah nunggu sekitar 10 menit kok ga ada sama sekali yang masuk terminal, tanya-tanya ternyata kalau sudah sore kendaraan umumnya ga masuk terminal tapi ngetem di tempat lain yang jaraknya sekitar 500 meter dari terminal *hadoh*. Terpaksanya jalan ke tempat ngetem, untungnya masih ada 1 bis. Pas masuk bis (lagi-lagi) saya langsung tertidur. Ternyata sekitar 45an menit saya tertidur itu bis belum juga berangkat. Total waktu ngetem dari saya masuk bis sampai berangkat sekitar 1,5 jam *hadoh*, ketika bis berangkat sudah sekitar jam 5an. Perasaan sedikit tenang karena sudah di dalam bis menuju cepu, paling hanya tinggal bingung cari jalan menuju penginapan. Oh ya, teman saya yang telat bangun itu akhirnya dia menuju cepu melalui ngawi, dan ternyata dia tiba lebih dahulu dibandingkan saya #-o . Padahal dia berangkat sekitar jam 9an. Berdasarkan kesepakatan sebelumnya bahwa siapapun yang sampai duluan maka dia kebagian jatah pesan tempat untuk penginapan.

Sekitar jam 18.00 bis sudah sampai di blora, dan seketika itu pula mimpi buruk berlanjut. Sang kernet tiba-tiba bilang, “Mas kita ga nyampe cepu, kalau mau lanjut ke cepu pakai bis lain yang di kiri itu mas”. Seketika keluar dari bis tersebut di depan muka langsung terpampang plang penunjuk jalan yang menunjukan ke arah kiri adalah ke cepu dan bertuliskan “Cepu 32 KM”. What ??? saya masih harus menempuh perjalanan 32 KM lagi ??? dan malam-malam gini ??? Sempat kepikiran, mana ada malam-malam gini kendaraan umum yang mau menempuh jarak segitu jauh kalau penumpangnya cuma 2 orang ?? 2 orang dengan tampang kesasar jadi sasaran empuk tukang ojek. Dari pada dituruninin tengah jalan lagi kalau pake kendaraan umum akhirnya pake ojek aja deh ke cepunya. Ini pemecahan rekor buat saya, naik ojek sejauh 32 KM melewati hutan jati yang gelapnya poll. Keputusan memakai ojek (walaupun mahal) karena bisa sekalian langsung sampai depan penginapan.

Akhirnya setelah menempuh perjalanan kurang labih 14 jam nyampe juga di penginapan tapi itu juga pake kesasar dulu di cepu. Rencana hunting di cepu sore-sore terpaksa batal karen sore aja belum nyampe cepu. Walaupun begitu ini merupakan perjalanan terlama kedua yang pernah saya alamin.

Pesan Moral : Kalau mau ke cepu lewat ngawi saja, jangan mentang-mentang edan sepur terus harus diusahakan setiap perjalanan pake sepur :D

& Komentar

  • At 2009.01.24 17:18, hielmy said:

    kalo kata ABG jaman sekarang mah…”ah cepu lu!” :D
    *eh…cupu itu mah*
    btw itu buset jauh amat naek ojek sampe 32 KM? ckckck….

    • At 2009.01.24 20:50, Yuda said:

      #1 : menurut plang yang terlihat langsung di depan mata pas turun di blora, ke cepu memang 32 KM dari situ :D

      • At 2009.01.25 18:02, Meti said:

        parah……

        emang ga bisa ke semarang pake kereta? emang ga bisa ke cepu pake kereta?

        koq ada pake bis nya segala?

        • At 2009.01.25 21:24, Yuda said:

          #3 : ada ke semarang pake kereta dari solo tapi jadwalnya ga bisa pas sama kereta ke cepu

          • At 2009.02.04 22:06, Bagas said:

            Ampun pakk..ampun…gw ketawa ngakak nih..ampuuunn

            • At 2009.02.16 15:09, sisca said:

              kebayang pantatnya pasti panas hahaha

              (Required)
              (Required, will not be published)