Akhirnya kembali ke rutinitas setelah perjalanan akhir minggu yang lumayan melelahkan dan tidak terlupakan. Yup, akhir minggu ini saya ndoyok ke 2 kota, walaupun perjalanan ke kota ke 2 diputuskan pada menit-menit terakhir.

Perjalanan dimulai hari Kamis malam ke Madiun dalam rangka kunjungan ke INKA dan GE Lokomotif Indonesia untuk melihat proses perakitan lokomotif CC204 (U20C) dan pembuatan gerbong-gerbong kereta. Dari Jogja berangkat menggunakan Gaya Baru Malam Selatan bersama rombongan IRPS YK kloter II. Keretanya datang sekitar jam 21.00 (terlambat sekitar 30 menit dari jadwal) dan sampai di Madiun sekitar jam 01.00 pagi. Untungnya sudah ada yang nunggu dan sudah dipesankan kamar. Jadi tinggal meluncur ke penginapan dan langsung tidur :-D . Baru juga tidur ± 3 jam tau2 dibangunin sama orang iseng, itung2 sih alarm tapi jadinya kurang tidur, soalnya di kereta ga bisa tidur :cry:

Selesai siap-siap langsung menuju stasiun madiun untuk sarapan. Selesai sarapan briefing sebentar kemudian lanjut ke INKA yang letaknya sebelah utara persis dari stasiun madiun. Di INKA kami (IRPS) diperlihatkan bagaimana kereta/gerbong dibuat dan dirakit. Disana juga kebetulan sedang dibuat KRD untuk semarang dan aceh (yang ini menggunakan lebar rel 1435). Selain itu juga ada beberapa gerbong K-1 untuk argo bromo anggrek. Ternyata semboyan 21 untuk gerbong ini sudah menggunakan LED yang lebih hemat energi dan lebih terang. Desain warna gerbongnya juga tidak banyak coraknya. Kalau dilihat sih warna-warna yang baru lebih terkesan simpel dan lebih enak dilihat.

Setelah istirahat dan sholat jumat kunjungan berlanjut ke GE Lokomotif Indonesia (masih di dalam kompleks INKA tapi beda pengelola). Di workshop GE sedang ada perakitan 2 CC204 (U20C) selain itu juga di luar workshop ada CC204 10 & 11 yang sedang perawatan dan prameks generasi pertama yang sedang dalam perawatan juga. Di workshop GE dijelaskan semua proses perakitan lokomotif, dari mulai pembuatan platformnya sampai selesai.

Selesai kunjungan seperti biasa, namanya railfans kalau ketemu stasiun ya ga mau pulang. Jadinya habis dari INKA nyangkut di stasiun madiun. Ternyata semua railfans dikejutkan oleh keluarnya CC204 10 & 11 dari INKA, kabarnya sih mau dibawa ke BY pengok. Ga cuma itu, penantian railfans untuk memotret langsiran KA ketel yang melintas di jalan depan INKA juga terbayarkan setelah menunggu cukup lama. Setelah puas foto-foto akhirnya diputuskan untuk menuju malang, opsi lainnya adalah hunting di daerah ijo-ijo.

Tiket ke malang sudah di tangan, langsung lanjut ke penginapan untuk istirahat dan beres-beres karena jam 4 pagi harus standby di stasiun menunggu kereta ke malang (a.k.a gajayana) :-D . Dan seperti yang sudah diperkirakan bahwa keretanya telat hingga 30 menit. Pas perjalanan sih pinginnya foto-foto sepanjang perjalanan tapi ternyata badan tidak bisa diajak kompromi, sudah siap-siap malah ketiduran. Ada satu spot yang pingin banget saya foto tapi ya itu ternyata
ketiduran lagi :-p .

Sampai di malang jemputan sudah menunggu dan saya diberi kesempatan merasakan dinginsuejuknya malang, padahal itu sudah jam 10an tapi masih dinginsejuk. Itu sebetulnya salah satu alasan saya ke malang karena di bulan Juli-Agustus suhu di malang lebih dingin dari bulan lainnya (Jogja juga sih tapi malam doang, kalau siang panasnya bukan main). Di malang langsung pesan tiket pulang ke Jogja (kali ini pake bis) untuk berangkat malamnya. Karena cuma sebentar di Malang ya ga sempat jalan-jalan, cuma ketemuan sama orang yang kenal via chat. Ternyata orangnya diluar bayangan saya :lol: . Oh ya, makasih buat mbak Tria, baksonya enak :-D .

Sore berganti malam, akhirnya ujung perjalanan akhir pekan sudah di depan mata dan diakhiri menggunakan bis. Perjalanan ke Jogja lagi-lagi haru dilewati dengan tidur karena sudah ga kuat lagi menahan kantuk :-p dan hampir saja kebablasan karena pas saya bangun pas sampai di tujuan :-D . Karena sampai jogja masih jam 3 pagi ya sudah lanjut tidur lagi, lagipula paginya sudah harus siap sedia KKN lagi.

Ternyata butuh 2 hari buat nulis ini semua :lol:

& Komentar

  • At 2008.08.07 08:35, Adi said:

    Ternyata orangnya diluar bayangan saya
    emang orangnya bayangannya gimana?

    • At 2008.08.07 09:27, Adi Wirawan said:

      ternyata eh ternyata…gak berangkat KKN karena eh karena lokomotif

      • At 2008.08.07 15:04, Yuda said:

        #1 : kirain tuh mas idham orangnya rada serius gitu sekaliber om dheche lah, eh ternyata ….. (isi sendiri) :p

        #2 : beginilah nasib seorang railfans

        • At 2008.08.07 15:10, astonix said:

          Wuih…bener2 IRFS sejati.Yud… kapan2 ke Palembang naik kereta,pemandangannya bagus tuh :) .

          • At 2008.08.10 15:23, Rafki RS said:

            Wuih senangnya punya banyak waktu untuk jalan-jalan seperti Mas Nugrahadi.

            • At 2008.08.12 09:07, Yuda said:

              #5 : wah pak itu aja pake izin kantor 1 hari plus izin kkn 2 hari :D

              • At 2008.11.02 14:05, idham said:

                -cut-
                kirain tuh mas idham orangnya rada serius gitu sekaliber om dheche lah, eh ternyata ….. (isi sendiri) :p
                -cut-

                $a = “berarti aq orangnya gak serius”;
                $b = “berarti aq orangnya gak sekaliber om dheche”;
                $c = “berarti aq orangya ternyata .. (isi sendiri) :p”;

                while ($a && $b && $c){
                echo “URL web ku idham.jardiknas.net bukan org wekekekekekeke”;
                }

                (Required)
                (Required, will not be published)