Virus lagi virus lagi. Paling pusing emang kalau mikirin virus tapi beruntung sekarang ga terlalu pusing mikirin soal virus paling hidung meler :p

Ada beberapa metode untuk mengatasi masalah virus yaitu dengan makan, olahraga yang teratur, dan istirahat yang cukup :

  1. Pasang antivirus. Ya iya lah namanya juga buat menangkal virus ya pake antivirus lah. Tapi ga cuma dipasang doang, jangan lupa diupdate juga kamus antivirusnya. Hal yang paling penting adalah bahwa antivirus ada setelah virus ada, jadi tidak akan ada antivirus yang bisa menghalau semua virus.
  2. Ganti ke vista. Beberapa teman bilang kalau virus di windows xp tidak akan jalan di windows vista. Tapi upgrade ke vista malah menyulitkan pengguna karena windows vista itu lebih berat, lebih mahal dibandingkan xp dan juga belum tentu semua aplikasi yang jalan di xp bisa jalan di vista.
  3. Nganggo linux wae. Cara ini adalah jurus pamungkas jika sudah tidak bisa bertahan lagi dari serangan virus dan kekecewaan yang mendalam. Ada yang berpendapat bahwa linux itu malah lebih rentan dengan virus karena tidak ada antivirusnya. Pendapat itu sangat keliru, seperti yang sudah saya tulis diatas antivirus ada karena virus ada. Kalau tidak ada virus buat apa dibikin antivirus ??? lagipula di linux ada kok antivirus yang fungsinya untuk men-scan file-file yang ada di windows :p . Virus windows tidak akan bisa jalan di linux. Tapi make linux itu kan susah. Ah itu kan hanya sementara, sesuai dengan pepatah “Bisa karena biasa”. Maka biasakanlah untuk memakai linux.

Memakai linux itu tidak seseram yang diberitakan kok. Terus data-data yang dulu di windows bisa dibaca ga ya di linux?? Tergantung formatnya, kalau cuma dokumen mah bisa banget 100%. Kalo gambar ?? wah bisa 101%. Terus kalau PDF ?? Bisa banget itu mah, apalagi PDF itu sekarang sudah menjadi standar dunia.

Keuntungan utama memakai linux adalah mengurangi dosa negeri ini dalam hal pembajakan, menghargai jerih payah orang lain (hak cipta), dan juga membuat diri kita lebih pintar. Memakai linux adalah salah satu solusi untuk mengurangi pembajakan, solusi lainnya adalah gunakan software legal.

& Komentar

  • At 2008.07.08 16:54, ryan_oke said:

    Ayo kita ubah paradigma. Tidak ada virus komputer. Yang ada hanyalah virus Windows. :lol:

    • At 2009.03.29 07:59, sudirboy said:

      1000% setuju dengan linux………….

      • At 2009.11.11 23:43, setan said:

        waduh ada yang bikin kecewa ma linux neh…
        ga bisa co pas data di partisi lain. bingung mau update driver pula.ga tau linux yang baru.pgn bljr pake linux sebenernya nyari yg baru susah bgt.download???lamaaaaaaaaaa…ga mungkin nginep di warnet. kalo situi ada c mau juga dikirimi.tp dlm bntk usb ya…optik laptop rusak.;p

        (Required)
        (Required, will not be published)