Akhirnya bisa juga izin pulang (udah setahun ga pulang). Kali ini izinnya mau untuk mengurus SIM dan KTP yang sudah hampir mencapai batas akhir, kalau ga diurus bisa berabe. Nah, kemarin baru selesai mengurus perpanjangan SIM, ternyata ga ribet-ribet amat dan cepet lagi cuma 2 jam (ini saya lakukan di POLRES Depok – Jawa Barat).

Sebelum mulai perpanjangan SIM siapin dulu fotokopi KTP minimal 2. Kalau sudah siap silahkan menuju polres terdekat untuk memulai perpanjangan SIM. Pas sudah di polres silahkan langsung cek kesehatan. Di sini akan diminta 1 fotokopi ktp, tes buta warna, dan tes mata. Bayar Rp. 10.000 per SIM. Setelah cek kesehatan langsung bayar bank (polisi di polres depok nyebutnya gitu). Untuk perpanjangan biayanya Rp. 60.000 per SIM. Kalau sudah bayar nanti dikasih form, jangan isi form dulu (mau isi dulu juga boleh), kemudian ke asuransi dulu. Disini biaya asuransinya Rp. 15.000 per SIM. Kalau sudah bayar asuransi silahkan isi formnya (kalau yang belum mengisi). Kalau form sudah terisi serahkan form tersebut ke bagian pendaftaran. Di bagian itu nanti di cek kelengkapan pengisian form. Kalau sudah lengkap tinggal nunggu dipanggil untuk foto.

Pas nunggu pemanggilan untuk foto biasanya dipanggil duluan untuk ngambil polis asuransi. Kalau sudah dipanggil ya silahkan ambil dulu. Pas dipanggil untuk foto silahkan masuk ke ruang pengambilan foto. Disitu nanti selain diambil fotonya, sidik jari dan tanda tangan juga diambil. Di polres Depok (Jawa Barat) semuanya sudah serba digital dan juga kamera, scanner sidik jari dan tempat tanda tangan sudah jadi satu seperti fotobox :D dan juga petugasnya ada 3 orang adi lebih cepat. Kalau sudah difoto tinggal nungu +- 10 menit untuk simnya jadi.

Mari hitung berapa biaya yang saya keluarkan kemarin untuk perpanjangan SIM A dan C. Untuk cek kesehatan Rp. 20.000 (2 x 10.000) , pembayaran bank Rp. 120.000 (2 x 60.000), asuransi Rp. 30.000 (2 x 15.000). Berapa totalnya ??? Rp. 20.000 + Rp. 120.000 + Rp. 30.000 = Rp. 170.000. Murah bukan ?? Sedikit tips juga, kalau bingung mau pertanya ke siapa ketika di polres ada baiknya tanya ke provoost dulu :D

& Komentar

  • At 2008.06.17 12:24, Harry said:

    kalo liwat calo jadinya bisa 2 kali lipatnya :D

    • At 2008.06.19 18:59, Yuda said:

      ho oh.. tapi kemaren sudah ketat. Mesti bikin sendiri, mesti ujian teori sama praktek. Untung cuma perpanjangan jadi ga tes :p

      • At 2008.06.24 08:58, Segeran said:

        Kalau kemaren saya perpanjang sim kurang dari 5 menit, via perpanjang sim keliling. ga antri sih. registrasi langsung foto jadi SIM nya

        • At 2009.06.15 13:45, deady gunawan said:

          mau nanya2 dikit neh bos……
          bentar lagi (bln oktober) sim c g habis, trus yang mau g tanyakan prosedurnya gimana? mulai dari apa saja yang harus di bawa, berapa biaya yg harus saya keluarkan (kurang lebihnya)….. trus untuk mengetahui keberadaannya mobil sim keliling tersebut bisa di ketahuinya dari mana yah?

          sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih

        • At 2008.08.08 13:58, agus said:

          Pada bulan agustus 2008 di Banjarnegara, tahun ini saya perpanjangan SIM C, Dikenakan biaya Rp 125.000. Dengan rincian by test kesehatan 15.000 & Biaya SIM Setelah foto 110.000 tanpa menerima bukti pembayarannya. Saya ingin transparansi dari prosedur tsb, karena di Purbalingga pun hanya dikenakan by 60.000 & 15.000 by kesehatan. Sedangkan berdasarkan PERATURAN PEMERINTAH NO. 31 TAHUN 2004, By perpanjangan SIM hanya 60.000. Kok bisa ya dikenakan biaya 110.000. Padahal gak pakai calo loch.Transparansinya Mana?????????

          • At 2009.05.13 10:26, Jack Homer said:

            Wah murah sekali yah … mudah lagi sementara sy harus bayar 2 kali lipat … (mudah2xan Allah Memaafkan Mereka)
            Kalo sy bbrpa hr yg lalu perpanjang SIM … harus bayar Rp.180.000,- dengan perincian Asuransi Rp.15.000,- + Biaya perpanjangan SIM C bayar di loket 1 Rp.160.000,- (bukan di loket 2) + Biaya Dompet SIM Rp. 5.000,-
            ceritanya begini waktu sy masuk ke gedung SIM di Daerah Jakarta Timur (…) ada petugas berpakaian dinas yg duduk di kursi dengan meja yang bertuliskan INFORMASI … langsung dia tanya ke sy “Mau kemana mas ?” sy jawab mo perpanjang SIM. trus dia minta SIM dan fc KTP lalu sy kasih ke dia (sy pikir dia akan memberikan informasi step by stepnya perpanjang SIM) tp ternyata SIM + fc KTP sy dia antar sendiri ke loket 1 …
            ga lama sy disuruh ke loket 1 dr situ sy diminta mmbayar Asuransi (loket asuransi) stelah dapat Kartu Asuransi dan kopi pembayaran saya sy diminta ke loket 1 lg untuk bayar biaya perpanjangan Rp. 160.000,- (yg seharusnya bayar di loket 2 dan tanpa bukti pembayaran )disini sy berpikir kalo sy sudah kena jebakan petugas yg bertindak sebagai calo SIM… ??? padahal dari awal sy tidak minta bantuan petugas tsb … karena kondisi saat itu sepi hnya ada bbrpa orang saja… dari loket 1 sy lngsng ke loket 3 utk di foto setelah itu karena sepi ga sampe 1 menit nama sy dipanggil dr loket 4 utk ambil SIM yg sdah jadi dan harus byar lagi Rp. 5000,- untuk ganti ongkos dompet SIM. yah pengalaman yang tak terlupakan … Selisih Rp.95.000,- buat kami sangat berarti apalagi kami bekerja tidak dapat uang Lauk Pauk (ULP)seperti bapak … Mana Hati Nuranimu Pak

            • At 2009.07.04 11:42, fransiska maria elvira mefiana said:

              1 hal yang perlu diketahui masih ada yang membutuhkan sekolah khurcus nyetir s/d bikin sim di pancoran jakarta selatan terutama di jalan pancoran barat vii no. 41 rt. 012 – rw. 006 jakarta – selatan 12780 telephone aja ke (021) – 7975335 – 7988417

              • At 2009.07.17 11:47, raka said:

                kalo telat 3 bulan dendanya berapa ya? ada yg tau?

                • At 2009.09.09 20:38, hengky said:

                  Saya mau perpanjang sim, tapi yang jadi masalah alamat sim saya alamat lama, dan saya sekarang ktp saya alamat baru, bagaimana prosedurnya, thanks

                  • At 2009.11.14 07:09, fadli said:

                    birokrasi yang sangat sulit….ladang penipuan pemerasan…klo mo sistem yang sederhana lo telpon ja gua…sistem dibuat untuk penipuan saja….ingat anak2 lu makan dari uang pemerasan……anak2 lu bukan lah darah daging dan keringat lo tapi tapi simbah peluh orang yang lo peras

                    • At 2009.12.29 14:29, Dede said:

                      Saya baru saja perpanjang sim A di polres jak-sel, TANPA CALO. Lokasi perpanjangan sim juga mudah, kalo masuk dari pintu depan polres, belok kanan, kalo masuk dari pintu belakang, belok kiri, ada tulisannya koq tapi kecil jadi ga terlihat jelas :)
                      Urus perpanjangannya cepet koq kurang dari 30 menit.

                      Syaratnya:Copy KTP & SIM (2 lembar) & SIM asli

                      Prosedurnya sbb:
                      1. Periksa kesehatan, (cuma di tes pengelihatan), biayanya Rp.20ribu, dokumen yang diminta copy KTP & SIM @ lembar & SIM Asli (akan dikembalikan setelah pemeriksaan).
                      2. Pembayaran biaya perpanjangan di BRI Rp.60ribu (ada bukti pembayaran).
                      3. Pembayaran asuransi Rp.30ribu (ada bukti pembayaran).
                      4. Penyerahan berkas ke loket pendaftaran (SIM asli,copy KTP & SIM @ 1 lembar, berkas pemeriksaan fisik, bukti bayar asuransi & bukti bayar perpanjangan sim dari BRI), TIDAK PERLU MEMBAYAR (biasanya oknum pengurus meminta pembayaran lagi, klo diminta bilang saja dengan tegas bahwa sudah membayar biaya perpanjangan di BRI & tunjukkan bukti pembayaranya) kalo masih diminta uang juga dengan dalih biaya yg dibayarkan berbeda dengan pembayaran di BRI silahkan mengadu ke pos pengaduan.
                      5. Foto & sidik jari secara komputerisasi, TIDAK PERLU MEMBAYAR.
                      6. Tunggu SIM di loket pengambilan SIM, TIDAK PERLU MEMBAYAR.

                      Jadi kalo dikalkulasi biaya perpanjangan SIM yg saya keluarkan Rp.110ribu (20ribu tes kesehatan, 60ribu biaya perpanjangan & 30ribu asuransi).

                      Kalo ada yg menawarkan bantuan tolak saja secara halus, dan urus sendiri….ingat SAY NO TO CALO & PUNGLI!!!

                      Saran untuk kepolisian: Mohon dikeluarkan rincian biaya pengurusan SIM secara resmi (sampai hari ini belum ada keterangan biaya resmi dari Ditlantas), supaya masyarakat tidak bingung saat pengurusan SIM & tidak menjadi korban pungli dari “oknum” yg mencari tambahan demi kepentingan pribadi/golongan.

                      • At 2010.03.15 11:26, Unggul said:

                        Saya lokasi depok,,klo sudah telat 8 bulan,,,masih bisa perpanjang gag ya? ada dendanya ga? berapa?

                        trus klo boleh tau masih bisa perpanjang di sim keliling ga?

                        trus didepok mobil sim kelilingnya klo hari2 biasa dan sabtu gt mangkal dimana yah?

                        • At 2010.03.31 17:53, Yuda said:

                          Kalau untuk perpanjang sih masih bisa saja, tapi yang pasti kena denda dan besarnya saya kurang tahu pasti. Soal mobil sim keliling itu saya tidak tahu karena saya ke depok hanya untuk mengurus sim ini, sisanya di jogja :)

                        • At 2010.04.03 15:08, Andy said:

                          Saya baru aja bikin sim A di samsat daan mogot,hehe…maonya sih bikin sendiri tanpa calo,wahh..ternyata bener kata temen,kalo ga pake calo agak ribet…loketnya banyak banget. ini step by stepnya :

                          1. Tes kesehatan rp. 20rb
                          2. Ambil form pendaftaran rp. 75rb
                          3. Terus ke bag Asuransi rp 30rb
                          4. Lapor lagi di loket 3 20rb
                          5. Terus Tes teori ( ulang 2 x )

                          Nah Point 5 itu yang pusing,udah jauh2 disuruh ngulang mulu ( padahal dalam hati jawaban td bener semua,masalahnya gampang banget pertanyaannya,tp kok ga lulus2…huufftth!!! akhirnya hampir 2 jam nunggu hasil yg ke 2x nya,tetep ga lulus. preeeeeeettttt!!!

                          Bete campur kesel ga jadi2 sim gua,terus coba ty2 disana,ternyata klo ngurus sendiri emg gitu…!! dgn terpaksa krn dah hampir 4 jam disana blm dpt2 sim,rogoh kocek daleman dikit ada duit 300rb,cari petugas trs ngobrol2 deal deh..! langsung Photo,ga sampe 10 menit sim A ane keluar. buat temen2 yang baru mao bikin sim,siapin uang min 450rb dijamin lancar,kalo ga ada yaa DL,hehe…nunggu seharian di sana. :)

                          • At 2010.04.13 10:21, ratri said:

                            trims info ya saudara2

                            • At 2010.04.13 10:21, ratri said:

                              terimakasih sudah berbagi info

                              (Required)
                              (Required, will not be published)